Rabu, 29 Oktober 2014

TULISAN SOSIOLOGI DAN POLITIK # - ISTANA TOPKAPI (TOPKAPI PALACE), TURKI



NAMA            :           ARI WAHYU LEKSONO
NPM               :           2A213363
TULISAN       :           SOFTSKILL SOSIOLOGI DAN POLITIK #
DOSEN          :           METI NURHAYATI
ISTANA TOPKAPI(TOPKAPI PALACE), TURKI
Topkapı Palace adalah 1 dari 3 bangunan bersejarah yang wajib kita kunjungi di kota bersejarah Konstantinopel (Istanbul) ini. Bangunan Istana ini dibuat ketika Muhammad Al Fatih dari Bangsa Turki Utsmani menaklukkan Konstantinopel tahun 1453 dan memerlukan Istana untuk tempat tinggal para sultan dan keluarga sultan. Muhammad Al Fatih atau juga dikenal sebagai Sultan Mehmet II, memberikan perintah pembangunan istana tahun 1459 dan selesai 6 tahun kemudian. istana seluas 700.000 m2 ini kini digunakan sebagai museum yang paling bersejarah di Istanbul.
Topkapı Palace bukanlah bangunan megah jika dibandingkan istana-istana lain dinegara Eropa karena pembangunannya juga bertujuan melambangkan kesederhanaan. Meski jika dibandingkan dengan istana yang ada di Indonesia, masih sangat jauh lebih megah dan kokoh. Bangunan yang juga ditopang pilar-pilar marmer sebesar lemari ini berdiri sangat kokoh hingga berabad-abad lamanya dan masih dapat kita nikmati keindahannya hingga sekarang. Halaman Topkapı Palace dan pintu masuk terdiri dari beberapa lapis. Mulai dari pintu masuk utama hingga pintu masuk ke ruang kerajaan, dan pintu masuk ke kediaman pribadi sultan dan keluarga.
Oleh karenanya, Topkapı Palace tergolong istana yang sangat luas. Di halaman utama, ditumbuhi pohon-pohon yang menjulang tinggi yang rata-rata tidak memiliki ranting dominan dan hanya terdiri dari satu batang lurus yang menjulang tinggi. Pohon ini konon ditanam untuk melambangkan huruf Alif yaitu berarti satu, atau merupakan lambang ke-esa-an Allah SWT. Topkapı Palace terletak tepat di samping selat Bosphorus dan beberapa Balkon di Topkapı Palace menghadap ke Selat Bosphorus sehingga tampak terasa indahnya pemandangan Istanbul yang berbukit-bukit dibelah oleh selat dari sudut pandang Topkapı Palace.

Mengapa Topkapı Palace begitu mempesona sebagai museum padahal bangunannya masih kalah dibandingkan istana-istana lainnya di Eropa?? Tentu saja jawabannya adalah peninggalan-peninggalan yang disajikan di dalam istana ini yang memberikan atmosfer tersendiri bagi pengunjung dari seluruh penjuru negeri.
Memasuki Pintu Masuk Pertama, anda akan dimanjakan pohon-pohon menjulang tinggi, dan terdapat pendopo yang pada zaman Utsmani digunakan sebagai penerima tamu rakyat biasa yang menuju Istana. Disamping Pendopo terdapat ruangan yang kini digunakan untuk mempertunjukkan baju-baju zirah Utsmani ketika berperang dan peninggalan-peninggalan peralatan perang seperti pedang raksasa, busur panah, baju zirah, pedang beberapa sultan, dan sebagainya. Sebelum memasuki Pintu Masuk Kedua, perlu diperhatikan bahwa didepan pintu tersebut pada zaman Utsmani digunakan sebagai tempat upacara hari-hari besar seperti hari kelahiran anak sultan, pengangkatan sultan, dan sebagainya dimana seluruh rakyat berkumpul di halaman.
Memasuki Pintu Masuk Kedua, Pengunjung akan dihadapkan pada ruangan ditengah-tengah istana yang merupakan tempat menerima tamu dari berbagai negara yang berkunjung ke Istana Sultan Utsmani. Kemudian sekelilingnya adalah ruangan-ruangan yang dulunya merupakan kerajaan Utsmani yang kini diisi berbagai macam peninggalan seperti:
1.Baju-baju peninggalan sultan dan keluarga sultan
2.Peralatan Istana seperti sendok-garpu, lampu hias, tahta kerajaan, dll
3. Kenang-kenangan dari kerajaan mancanegara yang berkunjung ke Utsmani, mulai dari Rusia, Cina, Inggris, hingga negara-negara Arab seperti Mesir, Iran dsb.
4. Perhiasan-perhiasan kerajaan dan tentunya yang paling terkenal adalah Spoonmaker’s Diamond, Berlian terbesar ke-4 di dunia yang merupakan simbol kebanggaan kerajaan Utsmani sebesar 86 karat.
Komentar dari saya:
Sangat indah dan bagus sekali peninggalan Kerajaan Islam Turki Ustmani berupa Istana Topkapi (Topkapi Palace) karena didalam istananya terdapat ruang – ruang penting yang menjadi daya tarik utama dari istana Topkapi ini. Sehingga banyak wisatawan dari negara Turki maupun Mancanegara berdatangan ke Istana ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar