Rabu, 29 Oktober 2014

TULISAN SOFTSKILL SOSIOLOGI DAN POLITIK # -Negara Non blok berporos pada Rusia dan China



NAMA            :           ARI WAHYU LEKSONO
NPM               :           2A213363
TULISAN       :           SOFTSKILL SOSIOLOGI DAN POLITIK #
DOSEN          :           METI NURHAYATI
Negara Non blok berporos pada Rusia dan China
            Ini yang repot. Setelah era perang dingin, negara-negara nonblok banyak yg berpaling ke rusia-china. Mengapa ? Karena dua negara ini sedang bangkit dan mengejar ekonomi yang terpuruk selama Perang Dingin tahun 1990-an. Melihat kondisi tersebut USA (Amerika Serikat) merasa waspada akan kebangkitan militer dan ekonomi dua negara raksasa tersebut (Rusia dan China) . Beberapa tahun ini Rusia semakin menunjukkan kekuatan dan kebangkitan militernya di dunia. Rusia mulai memproduksi berbagai alutsista canggih yang hanya tersaingi oleh USA. Belakangan ini USA mengalami krisis moneter yang membuat ekonomi negaranya tidak stabil. Sebaliknya Rusia dan China malah sedang bangkit – bangkitnya dalam berbagai bidng khususnya ekonomi dan militer. Sehingga kedua negara ini sebentar lagi akan menjadi negara Adi daya dan Adi Kuasa di dunia yang akan menggantikan Amerika.
            Sebagai contoh kasus konflik di Syiria adalah bukti bahwa USA (Amerika Serikat) sangat takut berhadapan langsung dengan Rusia. Syria dibawah pemerintahan Bashar Al-Assad yang merupakan sekutu utama Rusia akan selalu dilindungi dan dibantu persenjataan untuk menghadapi pasukan oposisi buatan Amerika Serikat di Syria. Oleh karena itu USA jika ingin menyerang Syria akan berpikir beribu ribu kali , karena dibelakang Syria ada Rusia. Syria dibawah pemerintahan Bashar Al-Assad sangat susah sekali dijatuhkan oleh pemberontak oposisi buatan Amerika. Setiap kali pertempuran pasukan oposisi di syria sering mengalami kewalahan, bahkan kekalahan dalam  menghadapi pasukan Bashar Al-Assad yang dibantu oleh Rusia.

            Sangat jelas bahwa konflik Syria belum berhenti sampai sekarang karena kedua belah pihak(pasukan Bashar Al-Assad dan Pasukan Oposisi) bersihkukuh untuk saling memperebutkan kekuasaan di Syria. Sehingga dengan masih berlangsungnya konflik ini, banyak warga sipil Syria yang menjadi korban dan mengungsi ke beberapa negara tetangga karena kondisi dinegaranya belum aman dan stabil.
Komentar dari saya:
            Semoga tidak terjadi peperangan antara negara - negara besar dunia(Rusia, China, dan Amerika) karena peperangan hanya akan  merugikan semua pihak dan hanya menelan korban jiwa. Sebaiknya membuat perjanjian damai diantara negara – negara besar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar